01 Januari 2011

"Buried", Sudah siap untuk mati?


Beruntung Ryan Reynolds bukan seorang Claustrophobic. Karena Buried memaksa pemeran utama (dan yang satu-satunya terlihat kamera) ini berada di dalam peti mati atleast selama 95 menit durasi film. Buat anda yang mungkin memiliki gejala Claustrophobia, istilah untuk takut berada di tempat yang sempit, ada beberapa penonton yang mengaku hanya bisa bertahan antara 7 hingga 10 menit menonton film ini.

Film yang menceritakan tentang seorang supir truk dari perusahaan kontraktor yang sedang beroperasi di negara Iraq yang sedang dilanda konflik dan perang. Setelah iring-iringan truk tersebut diserang oleh ekstrimis Iraq, Paul Conroy (Ryan Reynolds) mendapati dirinya berada di dalam sebuah peti mati yang terkubur hidup-hidup beberapa meter dari permukaan tanah setelah tersadar sehabis pingsan.

Panik karena takut akan kehabisan oksigen untuk bernafas, Paul mulai sedikit tenang dan mencoba mengenali tempat dia berada sekarang. Oleh salah satu anggota ekstrimis Iraq tersebut, Paul dibekali oleh sebuah Blackberry dan korek api. Komunikasi dengan dunia luar pun dimulai. Ekstrimis tersebut menghubungi Paul dan meminta uang tebusan kepada pemerintah Amerika Serikat untuk menyelamatkan nyawanya. Paul pun mencoba untuk menghubungi rekanan yang ada di negara asalnya dari mulai istri, saudara, perusahaan tempat dia bekerja hingga ke pihak militer dari pemerintah Amerika Serikat. Sampai pada akhirnya dia menyadari bahwa yang bisa menyelamatkannya adalah dirinya sendiri. Akankah Paul terselamatkan? Silahkan anda menyaksikannya sendiri.

Di film ini kita bisa melihat bagaimana akting Ryan Reynolds yang maksimal. Memerankan orang yang panik dan paranoid akan kematian. Kita juga bisa melihat bagaimana karakter dan sikap seorang manusia bila menghadapi tekanan yang luar biasa. Menjadi pribadi yang baik dan jahat pada saat bersamaan. Film ini juga menyoroti bagaimana kelakuan perusahaan-perusahaan yang nakal dengan tidak memperdulikan nasib para karyawannya.

Wajar bila film ini baru saja diganjar Best Screenplay - Original pada NBR Award karena Rodrigo Cortes, sang sutradara, berhasil membuat film dengan ide dan set yang simple dengan hasil akhir yang luar biasa. Buried, dengan total estimasi budget hanya 3Juta USD dan itu hanya merupakan 1% dari total estimasi budget yang dimiliki oleh Tron : Legacy , diperkirakan bisa membuat untung besar. Diluar itu semua, saran saya adalah: jangan menonton film ini ketika anda lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar